Jumat, 11 November 2016

12 Kunci Menuju Karier Masa Depan

Sebuah pepatah kuno mengatakan “ kalau kamu ngak tahu apa tujuan hidupmu, orang lain akan menentukan untukmu.” Kamu nggak perlu memutuskannya detik ini juga, tapi kamu bisa mulai membeuat rencana dan menjelajahi pilihan yang ada. Cobalah gagasan-gagasan berikut ini. Ada sebagain yang langsung bisa kamu kerjakan, yang lain, mungkin kamu harus menunggu hingga kamu lebih dewasa. Masukan gagasan-gagasan ini ke dalam daftar “tugas” masa depanmu.
1. Tetaplah bersekolah. Kadangkadang memang terasa berat, tapi jangan menyerah. Carilah bantuan dari guru, pembimbing, dan penasihat. Masa depanmu akan terasa amat terbatas kalau kamu nggak lulus SMAdan kamu juga harus berencana melanjutkan ke bangku kuliah.
2. Berkonsultasilah dengan guru BPMu. Mereka adalah sumber yang bagus untuk mengetahui arah mana Yang akan kautempuh dalam hidupmu. Para guru BP ini bisa memberimu informasi berharga tentang program akademi dan universitas, sekolah perdagangan dan teknik, beasiswa, Program magang, calon pembimbing, dan petunjuk mengenai kerja paruhwaktu. Mereka juga bisa membantumu merencana kanjurusan yang ingin kamu ambil dan kegiatan ekstrakurikuler apa Yang bisa melejitkan kesempatanmu untuk bisa masuk perguruan tinggi atau sekolah perdagangan yang kamu minati.
3. Berpikiranlah terbuka. Cobalah halhal baru. Selami kehidupan. Jelajahi kehidupan sejauh mungkin. Temukan bakatmu. Pelejari keterampilan baru. Jadilah relawan. Bersikaplah ingin tahu, dan tentukan citacita yang menjulang tinggi.
4. Baca, baca, baca. Buku membuka dunia pengetahuan. Bacalah biografi orangorang yang kamu kagumi, dan autobiografi oran-orang yang bisa memberimu semangat. Bacalah buku yang membuatmu tertarik, bahkan jika bukubuku tersebut tampaknya nggak terkait langsung dengan masa depanmu. Kamu mungkin akan merasa takjub. Bacalah majalah dan koran. Jangan sampai ketinggalan berita dan informasi terkini.
5. Jelajahi Intemet. Internet adalah sebuah semesta elektronik yang penuh dengan timbunan informasi yang belum ada ketika orang tuamu memikirkan tentang karier mereka. Internet adalah cara yang cepat dan asyik untuk mempelajari topik apa saja yang terlintas dalam pikiranmu.
6. Dapatkan pengalaman nyata. Satusatunya cara untuk memastikan apa yang kamu sukai dan keahlian yang kamu miliki adalah dengan turun ke dunia nyata dan mencobacoba. Bergabunglah dengan sebuah club, berpartisipasilah dalam OSIS, jadilah relawan, cobalah olahraga beregu, mainkan alat musik, dan bersikaplah aktif dalam kegiatan kemasyarakatan. Kepercayaan dirimu akan berkembang, keterampilan interpersonalmu akan terasah, dan kamu akan memiliki banyak bahan untuk kamu masukan dalam lamaran perguruan tinggi serta resume ketika waktunya tiba.
7. Jadilah relawan. Tawarkan waktu dan layananmu kepada mereka yang membutuhkan. Menjadi tenaga sukarela baik untuk meningkatkan semangat. Kamu jadi punya kesempatan untuk memberikan kontribusi positif pada lingkunganmu, dan catatan kegiatanmu ini akan bermanfaat saat kamu mengirim lamaran kerja kelak. Menjadi relawan juga merupakan cara ampuh untuk menjelajahi karier masa depan.
8. Cari seorang pembimbing. Pembimbing adalah seseorang yang bisa menawarkan bimbingan padamu dalam beberapa atau semua segi kehidupanmu. Pembimbing adalah seorang yang bisa mendidikmu, memberikan dukungan emosional, membantumu memecahkan dilema moral, membantumu mengatasi tantangan dan merobohkan  rintangan, memberi nasihat, membimbingmu mengambil keputusan pribadi, dan menanamkan kebijakan. Pembimbing bisa jadi seorang guru, famili, pemimpin spiritual, teman orang tuamu, anggota masyarakat senior, kakak kelas, pelatih, tetangga, atau siapa saja yang punya waktu untuk memberimu arah dan dukungan.
9. Bangun jaringan. Membangun jaringan adalah berbicara dengan orang yang bisa menunjukkan arah yang benar dalam meniti karier. Keterampilan ini amatlah berguna. Katakan kepada siapa saja yang terpikir olehmufamili, sahabat, teman sekelas, guru, tetangga, bahwa kamu ingin mempelajari topik tertentu. Mereka mungkin tahu seseorang, dan sebelum kamu menyadarinya, kamu sudah memulai jaringan koneksimu sendiri.
10. Cari sebuah program magang (internship). Program magang memberimu pengalaman langsung dalam lingkungan kerja nyata. Kamu jadi bisa berhubungan dengan orang yang bisa menjadi pembimbing, rujukan, atau calon atasanmu. Sebagian program magang menawarkan gaji kecil yang kadangkadang disebut uang saku; tapi kebanyakan program magang nggak memberimu upah apaapa. Pembimbingmu bisa membantumu menemukan sesuatu dalam bidang yang menjadi minatmu.
11. Jadilah pegawai magang (apprentice). Program ini mirip sekali dengan program internship. Perbedaan utamanya adalah seorang pegawai magang biasanya menerima bayaran untuk mempelajari suatu pekerjaan atau keterampilan dengan cara membantu seniman, teknisi, atau penyelia. Khususnya kalau kamu nggak berencana untuk melanjutkan kuliah selama empat tahun, pengalaman semacam ini bisa memberimu awal untuk mendapatkan karier yang bergaji besar. Untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang program pegawai magang ini, konsultasikan dengan pembimbingmu.
12. Cari kerja paruh waktu. Kalau kamu belum terlalu tua untuk bekerja secara resmi, kamu bisa melakukan kerja yang nggak resmi. Jadilah pengasuh bayi atau pemotong rumput di lingkungan sekitarmu. Bekerjalah selepas sekolah, di akhir pekan, selama masa rehat. Kamu akan mendapatkan pengalaman dan keterampilan kerja yang berharga.

0 komentar:

Posting Komentar